Kamis, 10 Mei 2018

Meletus Freatik, Tinggi Kolom Gunung Merapi Capai 5.500 Meter

SLEMAN - gunung merapi yang terletak di kapupaten klaten , megelang , boyolali dan sleman meletus freatik pada jumat (11/5/2018) sekitar pukul 07.32 wib . letusan disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari pucak kawah .



Letusan melontrtkan abu vulkanik , pasir dan material piroklatik . letusan belangsung tiba-tiba . jenis letusan adalah letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas dibawah kawah gunung merapi.



jenis letusan ini tidak berbahaya dab dapat terjadi kapan saja pada gunung api aktif . biasanya letusan fraktik , "kata sutopo  purwo nugroho , kepala pusat data informasi dan humas BNPB.

status gunung merapi hingga saat ini masih tetap normal (level 1)  dengan raduius berbahaya adalah 3 kilometer dari puncak kawah . PVMBG tidak menaikan status gunung merapi dan masih terus memantau perkembangan aktivitas vulkanik.

masyarakat diimbau tetap tenang . belum ada laporan korban jiwa . BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan . BPBD sleman telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km seperti daerah kinahrejo sudah diinstruksikan untuk evakuasi ke bawah di barak pengungsi .



masyarakat merespons dengan evakuasi mandiri ketempat yang aman . para pendaki gunung merapi dihimbau mengiikuti rekomendasi dan tidak memaksakan 120 orang yang mendaki dan mendekati pasar bubrah. kondisinya semua selamat.

BPBD telah mendistribusikan masker . hujan abu diperkirakan turun disekitar gunung merapi khususnya dibagian selatan dan tergantung dari arah angin dilaporkan hujan abu vulkanik terjadi di tugu Kaliurang Sleman Yogyakarta. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPPTKG PVMBG dan BPBD.



www.JuraganQQ.org

Pin BB : 33449B3B / D8ED72FC
WhatsApp : +6282211767486
LINE : juraganqq_official

Daftar Akun : http://juraganqq.org/Register.aspx?lang=id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © JuraganQQ - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -